PERHITUNGAN JARINGAN KOMPUTER


download (1)

Bagi mas-mas ato mbak-mbak yang kerjanya dibagian jaringan computer pasti tau apa itu angka biner,terutama yang pernah sokolah dijurusan TKJ….nah saya akan sedikit  membahas ulang tentang materi ini menghitung angka biner..

Setau saya angka biner dalam jaringan computer itu adalah bahasa/angka  yang dipakai oleh pc/ computer untuk saling berkomunikasi antar computer,angka yang digunakan hanya ada 2 yaitu 1 dan 0. Nah itu yang saya tau tentang angka biner..

Sekarang kita lanjut ke cara menghitungnya.. lihat urutan angka dibawah ini :

Angka biner

1

1

1

1

1

1

1

1

Jumlah
desimal

128

64

32

16

8

4

2

1

255

Kenapa setiap angka satu mempunyai  hasil decimal yang berbeda ?

Jawab :  menurut rumus yang saya pelajari secara otodidak gini caranya…. KALIKAN AJA ANGKA  SEMUA  DENGAN ANGKA 2 (dua). Misalnya..pada angka 1 (satu) pada baris decimal kalikan dengan 2  maka hasilnya  2 ( 1 X 2 = 2),lalu  angka 2 dikalikan 2 lagi maka hasilnya 4 (2 X 2 = 4),,,begitu pula seterusnya…sampai  64 X 2 = 128..

sampai semua jumlah nya 255 ( 128+64+32+16+8+4+2+1 = 255)jika kurang jelas lihat table di bawah ini : kalo ada titik-titiknya hitung sendiri ya..jawab lewat komentar OKE…!!!!

Biner

1

1

1

1

1

1

1

1

Jumlah

desimal

128

64

……

……

…..

…..

2

1

255

Lihat  angka warna meerah 1 x  2 = 2 ,letakan  hasilnya (2) pada kolom 3 sebelah kanan

2 x 2 = 4 , letakan hasilnya (4) pada kolom 4 sebelah kanan,dan seterusnya

Sampai…

64 x 2 = 128 , letakan  hasilnya (128) pada kolom terakhir sebelah kiri

 Nah sekarang kita coba menghitung angka decimal ke biner

Contoh :

  1. hitunglah angka biner dari  192 !

Jawab :

Cara pertama : pakai cara membagi bilangan 192 dengan angka 2

192 : 2 = 96          sisa         0

96    : 2 = 48       sisa           0

48    : 2 = 24         sisa         0

24    : 2 = 12         sisa         0

12    : 2 = 6            sisa         0

6      : 2 = 3            sisa         0

3      : 2 = 1            sisa         1

hasilnya  1 1 0 0 0 0 0 0 , jadi angka biner dari 192 adalah 11000000

 

cara kedua ; (cara ini hanya sebagai pembuktian bahwa 11000000 =  192) dengan memakai table..caranya gunakan angka biner dari hasil cara pertama ( 11000000)

Biner

1

1

0

0

0

0

0

0

hasilnya

desimal

128

64

32

16

8

4

2

1

192

lihat angka merah,Jumlahkan saja 128 + 64 = 192,,, ( INGAT ..!! hitunglah angka desimah yang diatasnya ada angka 1 (SATU)nya saja,,jadi jika ada angka decimal yang binernya NOL jangan dihitung karena itu artinya KOSONG)

  1. hitunglah angka biner dari  196

jawab :  sama seperti langkah nomor 1.

196 : 2 = 98          sisa         0

98    : 2 =49          sisa         0

49    : 2 = 24         sisa         1

24    : 2 = 12         sisa         0

12    : 2 = 6            sisa         0

6       : 2 = 3           sisa         0

3       : 2 = 1           sisa         1              jadi angka biner dari 196 = 11000100

Biner

1

1

0

0

0

1

0

0

Hasilnya

Decimal

128

64

32

16

8

4

2

1

196

lihat warna merah,Jumlahkan saja 128 + 64 + 4 = 196

Jadi terbukti kan kalo hasil 196 itu sama dengan 11000100

Mengubah angka biner ke decimal…

Contoh : carilah angka decimal dari 00110011..!

Jawab : supaya lebih mudah gunakan tabel  aja ya…cara nya sama seperti mengubah angka decimal ke biner.

biner

0

0

1

1

0

0

1

1

hasilnya

desimal

128

64

32

16

8

4

2

1

51

lihat warna merah,Jadi angka decimal dari 00110011 adalah 51..

OKE itu aja informasinya kalo masih ada yang gak nyambung silahkan Tanya lewar komtarnya oke… ditunggu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s